Mengapa Orang Suka Bakuhantam?


Aksi kekerasan saat ini bukan hal yang aneh bagi kita yang tinggal di kepulauan Maluku ini. Hampir setiap hari terdengar berita yang berhubungan dengan kekerasan; suami memukuli isteri, perempuan melabrak perempuan lain, tukang becak berkelahi dengan sesama tukang becak, sopir ribut berebut penumpang, dan jang lupa... tentara vs polisi. Seru .... betul seru kepulauan ini.

Hal yang terjadi di atas sebenarnya adalah perilaku agresi dari seorang individu atau kelompok. Agresi itu sendiri menurut Murray (Hall & Lindzey, 993) didefinisikan sebagai suatu cara untuk melawan dengan sangat kuat, berkelahi, melukai, menyerang, membunuh,atau menghukum orang lain. Atau secara singkatnya agresi adalah tindakan yang dimaksudkan untuk melukai orang lain atau merusak milik orang lain.

Faktor-faktor apa saja yang dapat menjadi pemicu perilaku agresi tersebut?

1. Amarah

Marah merupakan emosi yang memiliki ciri-ciri aktivitas sistem saraf parasimpatik yang tinggi dan adanya perasaan tidak suka yang sangat kuat yang biasanya disebabkan adanya kesalahan, yang mungkin nyata-nyata salah atau mungkin juga tidak . Pada saat marah ada perasaan ingin menyerang, meninju, menghancurkan atau melempar sesuatu dan biasanya timbul pikiran yang kejam. Bila hal-hal tersebut disalurkan maka terjadilah perilaku agresi.

2. Faktor Biologis

Ada beberapa faktor biologis yang mempengaruhi perilaku agresi :

1) Gen tampaknya berpengaruh pada pembentukan sistem neural otak yang mengatur perilaku agresi. Dari penelitian yang dilakukan terhadap binatang, mulai dari yang sulit sampai yang paling mudah dipancing amarahnya, faktor keturunan tampaknya membuat hewan jantan yang berasal dari berbagai jenis lebih mudah marah dibandingkan betinanya.

2) Sistem otak yang tidak terlibat dalam agresi ternyata dapat memperkuat atau menghambat sirkuit neural yang mengendalikan agresi. Pada hewan sederhana marah dapat dihambat atau ditingkatkan dengan merangsang sistem limbik (daerah yang menimbulkan kenikmatan pada manusia) sehingga muncul hubungan timbal balik antara kenikmatan dan kekejaman. Prescott (Davidoff, 1991) menyatakan bahwa orang yang berorientasi pada kenikmatan akan sedikit melakukan agresi sedangkan orang yang tidak pernah mengalami kesenangan, kegembiraan atau santai cenderung untuk melakukan kekejaman dan penghancuran (agresi). Prescott yakin bahwa keinginan yang kuat untuk menghancurkan disebabkan oleh ketidakmampuan untuk menikmati sesuatu hal yang disebabkan cedera otak karena kurang rangsangan sewaktu bayi.

3) Kimia darah. Kimia darah (khususnya hormon seks yang sebagian ditentukan faktor keturunan) juga dapat mempengaruhi perilaku agresi. Dalam suatu eksperimen ilmuwan menyuntikan hormon testosteron pada tikus dan beberapa hewan lain (testosteron merupakan hormon androgen utama yang memberikan ciri kelamin jantan) maka tikus-tikus tersebut berkelahi semakin sering dan lebih kuat. Sewaktu testosteron dikurangi hewan tersebut menjadi lembut. Kenyataan menunjukkan bahwa anak banteng jantan yang sudah dikebiri (dipotong alat kelaminnya) akan menjadi jinak. Sedangkan pada wanita yang sedang mengalami masa haid, kadar hormon kewanitaan yaitu estrogen dan progresteron menurun jumlahnya akibatnya banyak wanita melaporkan bahwa perasaan mereka mudah tersinggung, gelisah, tegang dan bermusuhan. Selain itu banyak wanita yang melakukan pelanggaran hukum (melakukan tindakan agresi) pada saat berlangsungnya siklus haid ini.

3. Kesenjangan Generasi

Adanya perbedaan atau jurang pemisah (Gap) antara generasi anak dengan orang tuanya dapat terlihat dalam bentuk hubungan komunikasi yang semakin minimal dan seringkali tidak nyambung. Kegagalan komunikasi orang tua dan anak diyakini sebagai salah satu penyebab timbulnya perilaku agresi pada anak. permasalahan generation gap ini harus diatasi dengan segera, mengingat bahwa selain agresi, masih banyak permasalahan lain yang dapat muncul seperti masalah ketergantungan narkotik, kehamilan diluar nikah, seks bebas, dll.

4. Lingkungan

1) Melihat model yang melakukan agresi
Di daerah yang kumuh banyak terjadi tindakan kekerasan. Pada saat terjadi tindakan kekerasan sangat mungkin seorang anak menyaksikan dengan matanya sendiri bagaimana kekerasan itu berlangsung. Sebagai contoh misalnya ada pemabuk yang memukuli istrinya karena tidak memberi uang untuk beli sopi, maka pada saat itu anak-anak dengan mudah dapat melihat model agresi secara langsung. Model agresi ini seringkali diadopsi anak-anak sebagai model pertahanan diri dalam mempertahankan hidup. Dalam situasi-situasi yang dirasakan sangat kritis bagi pertahanan hidupnya dan ditambah dengan nalar yang belum berkembang optimal, anak-anak seringkali dengan gampang bertindak agresi misalnya dengan cara memukul, berteriak, dan menyerang orang lain.

2) Anonimitas
Dalam situas kelompok, orang menjadi kabur identitas dirinya. Sebagai contoh tawuran antara kampung Hitu Mesing dan Hitu Lama di Propinsi Maluku. Dalam kondisi kelompok tidak lagi orang dikenal sebagai si A atau si B. Dengan kekaburan identitas ini maka orang tidak akan segan melakukan tindakan agresif karena tanggungjawab perorangan berubah menjadi tanggungjawab kelompok.

3) Suhu udara yang panas
Ada pandangan bahwa suhu suatu lingkungan yang tinggi memiliki dampak terhadap tingkah laku sosial berupa peningkatan agresivitas. Pada tahun 1968 US Riot Comision pernah melaporkan bahwa dalam musim panas, rangkaian kerusuhan dan agresivitas massa lebih banyak terjadi di Amerika Serikat dibandingkan dengan musim-musim lainnya. Demikian juga di Maluku, keributan yang berakhir dengan perkelahian biasanya terjadi pada waktu siang hari yang panas, dan Maluku memang suhunya panas bukan?

Melalui Proses Belajar Peran dari Lingkungan

Acara-acara yang menampilan adegan kekerasan hampir setiap saat dapat ditemui dalam tontonan yang disajikan di televisi Tidak dapat dipungkiri bahwa pada saat ini anak-anak dan remaja banyak belajar menyaksikan adegan kekerasan melalui Televisi dan juga "games" atau pun mainan yang bertema kekerasan. Model pahlawan di film-film seringkali mendapat imbalan setelah mereka melakukan tindak kekerasan. Hal ini sudah barang tentu membuat penonton akan semakin mendapat penguatan bahwa hal tersebut merupakan hal yang menyenangka dan dapat dijadikan suatu sistem nilai bagi dirinya. Dengan menyaksikan adegan kekerasan tersebut terjadi proses belajar peran model kekerasan dan hal ini menjadi sangat efektif untuk terciptanya perilaku agresi.
Selain model dari yang di saksikan di televisi belajar model juga dapat berlangsung secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Bila seorang yang sering menyaksiksikan tawuran di jalan, mereka secara langsung menyaksikan kebanggaan orang yang melakukan agresi secara langsung. Atau dalam kehidupan bila terbiasa di lingkungan rumah menyaksikan peristiwa perkelahian antar orang tua dilingkungan rumah, ayah dan ibu yang sering cekcok dan peristiwa sejenisnya , semua itu dapat memperkuat perilaku agresi yang ternyata sangat efektif bagi dirinya.

Frustrasi

Frustrasi terjadi bila seseorang terhalang oleh sesuatu hal dalam mencapai suatu tujuan, kebutuhan, keinginan, pengharapan atau tindakan tertentu. Agresi merupakan salah satu cara berespon terhadap frustrasi. Remaja miskin yang nakal adalah akibat dari frustrasi yang berhubungan dengan banyaknya waktu menganggur, keuangan yang pas-pasan dan adanya kebutuhan yang harus segera terpenuhi tetapi sulit sekali tercapai. Akibatnya mereka menjadi mudah marah dan berperilaku agresi.

Proses Pendisiplinan yang Keliru

Kasus kekerasan dari senior kepada yunior seperti yang terjadi di STPDN merupakan contoh adanya proses pendisiplinan yang salah. Pendidikan disiplin yang otoriter dengan penerapan yang keras terutama dilakukan dengan memberikan hukuman fisik, dapat menimbulkan berbagai pengaruh yang buruk bagi remaja . Pendidikan disiplin seperti itu akan membuat remaja menjadi seorang penakut, tidak ramah dengan orang lain, dan membeci orang yang memberi hukuman, kehilangan spontanitas serta inisiatif dan pada akhirnya melampiaskan kemarahannya dalam bentuk agresi kepada orang lain. Hubungan dengan lingkungan sosial berorientasi kepada kekuasaan dan ketakutan. Siapa yang lebih berkuasa dapat berbuat sekehendak hatinya. Sedangkan yang tidak berkuasa menjadi tunduk. Pola pendisiplinan tersebut dapat pula menimbulkan pemberontakan, terutama bila larangan-larangan yang bersangsi hukuman tidak diimbangi dengan alternatif (cara) lain yang dapat memenuhi kebutuhan yang mendasar.

Demikian sekelumit teori tentang penyebab terjadinya agresivitas. Kebetulan masalah ini sering terjadi di Maluku ini. Mudah-mudahan dengan mengetahui “Mengapa”, kita akan bisa menemukan “Bagaimana” untuk membuat Maluku ini lebih damai, sejuk, dan tentram.

(Disarikan dari berbagai sumber)

Teman-teman yang tersesat



By : Hary

Foto di atas adalah foto dari teman-teman yang telah salah memilih jalan. Mereka satu persatu telah menerima vonis dari pengadilan atas tindakan mereka mengibarkan bendera RMS di Gunung Nona. Kini tinggalah keluarga mereka yang sengsara, terlunta-lunta mencari nafkah.

Separatis FKM/RMS di di Maluku merupakan kelanjutan dari RMS. Mereka adalah boneka Belanda yang sejak 25 April 1950 memberontak kepada pemerintah, namun akhirnya berhasil ditumpas oleh seluruh rakyat Indonesia khususnya rakyat Maluku pada tahun 1963. Beberapa aktifitas menonjol gerakan separatis FKM/RMS untuk menjaga eksistensinya antara lain :

  • Dokter Alex Manuputty kabur ke Amerika sejak tanggal 19 Nopember 2003 dan berusaha memasukan FKM/RMS kedalam agenda PBB.
  • Pada tanggal 18-23 Januari 2004 di London Inggris telah dilaksanakan pertemuan Rekonsiliasi Maluku yang diselenggarakan dan difasilitasi oleh IICOR yang merupakan rekayasa FKM/RMS.
  • Pada tanggal 2 April 2004 telah tiba di Kota Ambon salah satu tokoh RMS An. Farida Tomasoa ( Mantan duta keliling FKM/RMS untuk Eropa dan Asia) mengadakan rapat tertutup dengan simpatisan FKM/RMS di Hotel Wijaya-I.
  • Pada tanggal 25 April 2004 terjadi kerusuhan yang diawali dari provokasi FKM/RMS untuk mendapatkan perhatian internasional dengan membakar gedung UNOCHA ( perwakilan PBB), LSM Save Children.
  • Dokter Alex Manuputty dengan kelompok RMS di Amerika melakukan unjuk rasa didepan Konjen RI di Amerika beberapa hari setelah istrinya di Ambon ditangkap karena terlibat kegiatan makar 25 April 2004.
  • Melakukan tarian cakalele pada saat puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XIV di Ambon, 29 Juni 2007.

Saat ini masyarakat maluku mulai tidak respek dengan perjuangan beberapa orang yang akhirnya terbukti hanya untuk kepentingan pribadinya saja (Sumber : dari berbagai sumber).

Permainan Untuk Anak Kecil


Semua orang pernah mengalami masa kanak-kanak. Ada banyak kenangan masa kecil yang membekas selama kita bermain waktu dulu. Ada yang menghabiskan masa kecilnya di kota besar, ada pula yang menghabiskan masa kecilnya di pelosok wilayah yang jauh dari sentuhan teknologi. Berikut ini kami berikan beberapa permainan yang cocok untuk anak-anak yang berada di wilayah-wilayah terpencil. Permainan-permainan ini tidak membutuhkan peralatan yang rumit, sehingga cocok untuk teman-teman yang sedang penelitian atau yang sedang ”pendekatan” kepada anak-anak kecil (Sebelum pendekatan kepada kakaknya he... he.....). Bila ada usul atau saran atau koleksi permainan lain, silakan kirim ke email kami (harynobma@yahoo.co.id).
Terimakasih.


Nama permainan : Dimana bolanya?

Sasaran permainan : Just having fun untuk bikin suasana hidup

Perlengkapan : 1 bola yang ringan (bola pingpong atau plastik), penutup mata.

Letakkan 1 bola pingpong atau 1 bola tenis di ujung meja. Seorang pemain matanya ditutup. Dia berdiri membelakangi meja, kemudian perintahkan maju 5 langkah, dan berputar 3 kali, kemudian kembali ke meja dan perintahkan untuk meniup bola yang berada di meja. Suasana akan menjadi lucu ketika anak salah arah dalam meniup bola.


Nama permainan : Merebut mainan

Sasaran Permainan : Melatih kecekatan reaksi, sportivitas, dan kebesaran hati menerima kegagalan

Perlengkapan : bermacam-macam mainan (dalam jumlah cukup banyak), radiotape (untuk memutar lagu)

Letakkan mainan mainan kecil di tanah. Pada saat musik dimainkan setiap peserta berjalan melingkar mengikuti anak yang ditunjuk jadi pemimpin. Ketika musik dimatikan setiap anak harus mengambil satu mainan. Anak yang tidak mendapat mainan harus keluar. Jumlah mainan harus dikurangi setiap saat. Pemenangnya adalah anak yang tetap ada pada akhir permainan.


Nama permainan : Goal

Sasaran Permainan : Just having fun untuk bikin suasana hidup

Perlengkapan : 1 balon, penutup mata, gawang

Letakkan 1 balon di tanah. Pemain yang akan menendang ditutup matanya kemudian dibawa 6-7 langkah dari balon. Putarlah pemain 3 kali sebelum mereka menendang ke gawang. Pemenangnya adalah yang mampu menendang bola dan masuk ke gawang.


Nama permainan : Bayangkan siapa ini

Sasaran Permainan : Just having fun untuk bikin suasana hidup

Perlengkapan : kain putih, lampu

Bentangkan kain putih sehingga dapat membentuk bayangan. Seorang pemain duduk menghadap ke kain berperan menjadi penebak. Di seberang kain diletakkan sebuah lampu di meja. Semua pemain berjalan bergantian antara lampu dan kain. Penebak harus mencoba untuk menebak setiap anak yang berjalan melintas. Pemain boleh merubah bayangan mereka. Pemain yang tertebak berganti menjadi penebak.

Nama permainan : Lakukan sebaliknya

Sasaran Permainan : Melatih kecekatan dan sportivitas

Perlengkapan : tidak ada

Siapakan beberapa daftar gerakan dan lawanya. Contoh ; jalan-lari, berdiri dgn 1 kaki kanan-berdiri dengan satu kaki kiri, lambaikan dengan tangan kanan-kiri, diam-berisik, lompat-jongkok. Perintahkan untuk melakukan gerakan sebaliknya. Kurangi pemain yang melakukan gerakan salah. Pemenangnya adalah yang terakhir tinggal di tempat.

Nama permainan : Keseimbangan

Sasaran Permainan : Melatih kecekatan dan sportivitas

Perlengkapan : 1 bola kaki, buku yang agak tebal, gelas berisi penuh air

Pemain harus berjalan 10 meter dengan menendang bola. Di kepala dan tangan kanan diletakkan buku dan tangan kanan memegang gelas berisi air penuh. Pemain tercepat yang menang.


Trims kepada Lita (Fapsi Undip) atas sumbangannya, kami tunggu tulisan yang lain.