Permainan Untuk Anak Kecil


Semua orang pernah mengalami masa kanak-kanak. Ada banyak kenangan masa kecil yang membekas selama kita bermain waktu dulu. Ada yang menghabiskan masa kecilnya di kota besar, ada pula yang menghabiskan masa kecilnya di pelosok wilayah yang jauh dari sentuhan teknologi. Berikut ini kami berikan beberapa permainan yang cocok untuk anak-anak yang berada di wilayah-wilayah terpencil. Permainan-permainan ini tidak membutuhkan peralatan yang rumit, sehingga cocok untuk teman-teman yang sedang penelitian atau yang sedang ”pendekatan” kepada anak-anak kecil (Sebelum pendekatan kepada kakaknya he... he.....). Bila ada usul atau saran atau koleksi permainan lain, silakan kirim ke email kami (harynobma@yahoo.co.id).
Terimakasih.


Nama permainan : Dimana bolanya?

Sasaran permainan : Just having fun untuk bikin suasana hidup

Perlengkapan : 1 bola yang ringan (bola pingpong atau plastik), penutup mata.

Letakkan 1 bola pingpong atau 1 bola tenis di ujung meja. Seorang pemain matanya ditutup. Dia berdiri membelakangi meja, kemudian perintahkan maju 5 langkah, dan berputar 3 kali, kemudian kembali ke meja dan perintahkan untuk meniup bola yang berada di meja. Suasana akan menjadi lucu ketika anak salah arah dalam meniup bola.


Nama permainan : Merebut mainan

Sasaran Permainan : Melatih kecekatan reaksi, sportivitas, dan kebesaran hati menerima kegagalan

Perlengkapan : bermacam-macam mainan (dalam jumlah cukup banyak), radiotape (untuk memutar lagu)

Letakkan mainan mainan kecil di tanah. Pada saat musik dimainkan setiap peserta berjalan melingkar mengikuti anak yang ditunjuk jadi pemimpin. Ketika musik dimatikan setiap anak harus mengambil satu mainan. Anak yang tidak mendapat mainan harus keluar. Jumlah mainan harus dikurangi setiap saat. Pemenangnya adalah anak yang tetap ada pada akhir permainan.


Nama permainan : Goal

Sasaran Permainan : Just having fun untuk bikin suasana hidup

Perlengkapan : 1 balon, penutup mata, gawang

Letakkan 1 balon di tanah. Pemain yang akan menendang ditutup matanya kemudian dibawa 6-7 langkah dari balon. Putarlah pemain 3 kali sebelum mereka menendang ke gawang. Pemenangnya adalah yang mampu menendang bola dan masuk ke gawang.


Nama permainan : Bayangkan siapa ini

Sasaran Permainan : Just having fun untuk bikin suasana hidup

Perlengkapan : kain putih, lampu

Bentangkan kain putih sehingga dapat membentuk bayangan. Seorang pemain duduk menghadap ke kain berperan menjadi penebak. Di seberang kain diletakkan sebuah lampu di meja. Semua pemain berjalan bergantian antara lampu dan kain. Penebak harus mencoba untuk menebak setiap anak yang berjalan melintas. Pemain boleh merubah bayangan mereka. Pemain yang tertebak berganti menjadi penebak.

Nama permainan : Lakukan sebaliknya

Sasaran Permainan : Melatih kecekatan dan sportivitas

Perlengkapan : tidak ada

Siapakan beberapa daftar gerakan dan lawanya. Contoh ; jalan-lari, berdiri dgn 1 kaki kanan-berdiri dengan satu kaki kiri, lambaikan dengan tangan kanan-kiri, diam-berisik, lompat-jongkok. Perintahkan untuk melakukan gerakan sebaliknya. Kurangi pemain yang melakukan gerakan salah. Pemenangnya adalah yang terakhir tinggal di tempat.

Nama permainan : Keseimbangan

Sasaran Permainan : Melatih kecekatan dan sportivitas

Perlengkapan : 1 bola kaki, buku yang agak tebal, gelas berisi penuh air

Pemain harus berjalan 10 meter dengan menendang bola. Di kepala dan tangan kanan diletakkan buku dan tangan kanan memegang gelas berisi air penuh. Pemain tercepat yang menang.


Trims kepada Lita (Fapsi Undip) atas sumbangannya, kami tunggu tulisan yang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kasi kami komentar